You are here

Kurikulum

PROFIL LULUSAN


 

Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Teknik Elektro dirancang memiliki kompetensi sebagai:

  1. Pendidik (dosen) vokasional pada pendidikan formal, jenjang pendidikan tinggi, jalur pendidikan vokasi (diploma, politeknik, universitas eks IKIP) yang memiliki integritas tinggi dalam mengembangkan dan mengelola pembelajaran vokasional bidang teknik elektro;

  2. Pendidik (widyaiswawa dan instruktur) vokasional pada pendidikan non formal (pusat-pusat pendidikan dan latihan di lembaga pemerintah, non pemerintah, dan industri) yang memiliki integritas tinggi dalam mengembangkan dan mengelola pembelajaran vokasional bidang teknik elektro;

  3. Peneliti yang mampu melaksanakan dan mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pendidikan dan pelatihan vokasional di bidang teknik elektro berlandaskan kajian ilmiah, etika akademik, dan nilai humaniora;

  4. Pengembang bidang pendidikan dan pelatihan vokasional teknik elektro yang adaptif terhadap perubahan teknologi dan tuntutan dunia kerja.


 

CAPAIAN PEMBELAJARAN


1. Sikap

  1. Bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan mampu  menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai   keanekaragaman   budaya,   pandangan,   agama,   dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat   hukum   dan   disiplin   dalam   kehidupan   bermasyarakat   dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan   sikap   bertanggungjawab   atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan vokasional terutama di bidang teknik elektro.
  12. Menjunjung tinggi etika profesi sebagai pendidik vokasi.

 

2. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai pondasi keilmuan kependidikan sebagai dasar untuk pengembangan dan inovasi mutu pendidikan dan pelatihan vokasional;
  2. Menguasai teori dan aplikasi statistika untuk menetapkan dan menguji data penelitian pendidikan, terutama pendidikan dan pelatihan vokasional;
  3. Menguasai teori dan aplikasi metodologi penelitian pendidikan untuk menetapkan metode penelitian yang tepat dalam konteks permasalahan penelitian pendidikan, terutama pendidikan dan pelatihan vokasional;
  4. Menguasai teori dan aplikasi keilmuan pembelajaran pendidikan vokasional yang mencakup: pengembangan kurikulum, model pembelajaran, dan penilaian pembelajaran pendidikan vokasional untuk pengembangan dan inovasi mutu pembelajaran pendidikan dan pelatihan vokasional yang berwawasan kekinian teknologi dan perkembangan ketenagakerjaan;
  5. Menguasai teori dan aplikasi keilmuan manajemen pendidikan vokasional untuk peningkatan mutu tata  pamong, kepemimpinan, sistem  pengelolaan, dan penjaminan mutu pendidikan dan pelatihan vokasional yang berorientasi standar mutu;
  6. Menguasai teori keahlian teknik elektro yang mencakup: sistem tenaga listrik, manajemen energi listrik, sistem otomasi listrik, sistem proteksi listrik, dan pemanfaatan energi listrik untuk pengembangan dan inovasi cakupan materi pembelajaran dan fasilitas pendukung dalam penyelengaraan pendidikan dan pelatihan vokasional;
  7. Menguasai teori keahlian teknik elektro pendukung yang berorientasi perkembangan kekinian teknik elektro dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperluas wawasan pengetahuan dan keterampilan bidang teknik elektro.

 

3. Keterampilan Khusus

  1. Mengembangkan dan mengelola mutu pendidikan dan pelatihan vokasional dengan berlandaskan keilmuan pendidikan vokasional dan keahlian bidang teknik elektro;
  2. Mengembangkan, merancang, melaksanakan, menganalisis, menguji, dan mengambil keputusan melalui kajian ilmiah terhadap permsalahan program penelitian di bidang pendidikan dan pelatihan vokasional, terutama pendidikan teknik elektro;
  3. Mengembangkan, merancang, dan mengevaluasi kurikulum, model pembelajaran, serta penilaian pembelajaran untuk pendidikan dan pelatihan vokasional teknik elektro sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan dunia kerja;
  4. Mengembangkan, merancang, dan mengevaluasi manajemen pendidikan pada lembaga pendidikan dan pelatihan vokasional teknik elektro yang berwawasan standar mutu nasional maupun internasional;
  5. Mengembangkan, merancang, dan mengevaluasi program pendidikan dan pembelajaran keahlian teknik elektro pada lembaga pendidikan dan pelatihan vokasional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  6. Mengembangkan inovasi bahan ajar dan media pembelajaran teknik elektro untuk pendidikan dan pelatihan vokasional dengan memanfaatkan program aplikasi perangkat lunak komputer serta teknologi informasi dan komunikasi.

4. Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian pendidikan teknik elektro, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis   atau   bentuk   lain   yang setara,  dan  diunggah  dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi;
  2. Mampu  melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian pendidikan teknik elektro dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan teknik elektro;
  3. Mampu   menyusun   ide,   hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan  etika  akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media  kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian pendidikan teknik elektro dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian  analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaring kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  9. Mempu membangun jaringan kerjasama dengan asosiasi profesi serumpun, masyarakat serumpun keahlian, dan  berbagai instansi terkait  dalam rangka pengembangan dan inovasi pendidikan dan pelatihan vokasional.

KURIKULUM S2 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO


PROSES PEMBELAJARAN


Proses pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan Student Center Learning dengan strategi pembelajaran Blended Learning, antara lain: (1) tatap muka, yang meliputi: kuliah, praktik, dan seminar; (2) e-learning atau media online; dan (3) kunjungan lapangan. Pembelajaran teori dilaksanakan di ruang kuliah PPs UNY, sedangkan pembelajaran praktik laboratorium dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan instansi yang terkait dengan bidang ketenagalistrikan.


STAF PENGAJAR


1. Dr. Istanto Wahyu Djatmiko (Ketua Program Studi)

2. Dr. Sunaryo Soenarto

3. Dr. Edy Supriyadi

4. Dr. Haryanto, M.Pd., MT

5. Dr. Djoko Laras Budiyo Taruno

6. Moh. Khairudin, MT, Ph.D.

7. Prof. Djemari Mardapi, Ph.D.

8. Soeharto, MSOE, Ed.D

9. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., MT.

10. Dr. Giri Wiyono, MT.

11. Rustam Asnawi, MT, Ph.D.

12. Dr. Zamtinah, M.Pd.

13. Dr. Phil. Nurhening Yuniarti, MT.


 

Kontak Kami

PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pte.pps.uny.ac.id

Contact Person :

Dr. Istanto Wahyu Djatmiko, M.Pd

(e-mail: istanto_wj@uny.ac.id)